Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)

  1. Mampu melakukan penyelesaian persoalan psikologis dan pengembangan potensi individu, kelompok, organisasi, komunitas di bawah supervisi dengan metode dasar-dasar psikodiagnostik berdasarkan perspektif psikologi;
  2. Mengerti teori dan pendekatan psikologi serta dasar-dasar psikodiagnostik untuk dapat melakukan penyelesaian persoalan psikologis dan pengembangan potensi individu, kelompok, organisasi, komunitas di bawah supervisi;
  3. Mampu mengelola kerja diagnosis, konsultasi, riset, pengajaran dan pelatihan di bidang psikologi di bawah supervise

Metode dan strategi pembelajaran: Ceramah, dan diskusi (tanya jawab), bimbingan

Assesment: Tugas (di rumah/di kelas), tes esai tertulis (buka/tutup buku), ujian tertulis, keaktifan

Ketrampilan Intelektual (Intellectual Skill)

  1. Merancang dan melakukan intervensi dasar bersifat non klinis untuk merancang perubahan perilaku pada individual, kelompok dan komunitas;
  2. Mampu menjalin hubungan profesional dan intrapersonal secara konstruktif dan bertanggungjawab untuk membantu menyelesaikan persoalan psikologis individu;
  3. Mengkomunikasikan hasil riset, telaah dan pemikiran bidang psikologi sesuai dengan kaidah etik dan profesionalisme;
  4. Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia;
  5. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan interpersonal yang produktif;
  6. Mampu merencanakan kariernya sendiri;

Metode dan strategi pembelajaran:

Studi kasus, pemecahan masalah, dan diskusi (tanya jawab), pratikum,kerja kelompok, kunjungan instansi pendidikan ,perusahaan dan

Assesment:

Tugas (di rumah/di kelas), tes esai tertulis (buka/tutup buku), ujian tertulis, penulisan laporan

 

Ketrampilan Praktis (Practical Skill)

  1. Mampu menganalisis fenomena perilaku manusia berdasarkan hasil obvservasi, interview dan instrumen asesmen yang diperkenankan;
  2. Mampu melakukan riset tingkat dasar yang mempergunakan prinsip-prinsip psikologi untuk memberikan alternatif penyelesaian masalah;
  3. Mampu memberikan alternatif pemecahan permasalahan psikologis yang terjadi pada individu, kelompok organisasi
  4. Merancang dan melakukan intervensi dasar bersifat non klinis untuk merancang perubahan perilaku pada individual, kelompok dan komunitas;

Metode dan strategi pembelajaran:

Studi kasus, pemecahan masalah, dan diskusi (tanya jawab),praktikum (mandiri/berkelompok), praktek di lapangan, bimbingan

Assesment:

keaktifan, ujian praktek, ketrampilan penggunaan instrumen psikodiagnostik, kemampuan kerja sama

 

Ketrampilan Manajerial dan Sikap (Managerial Skill and Attitude)

  1. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika, dan tanggung jawab professional.
  2. Mampu berkomunikasi (Bahasa Indonesia dan Inggris) dengan efektif secara lisan maupun tulisan.
  3. Mampu mengembangkan diri, berpikir secara logis dan analitis dalam menyelesaikan masalah, serta bertanggung jawab secara etis dan profesional.
  4. Memiliki kecakapan berorganisasi (Organizational Skills);
  5. Memiliki kecakapan kepemimpinan (Leadership Skills);
  6. Memiliki kecakapan berpikir logis (Logic Sklills);

Metode dan strategi pembelajaran:

Studi kasus, pemecahan masalah, dan diskusi (tanya jawab), kerja kelompok, membuat laporan, praktek di lapangan, bimbingan

Assesment:

Tugas (di rumah/di kelas), presentasi, makalah ilmiah, keaktifan, ujian praktek, kemampuan kerja sama