Program Studi Psikologi Universitas Gajayana diselenggarakan sejak tahun 2003. Program Studi Psikologi telah terakrediatasi dengan Predikat B sesuai ketetapan BAN-PT Nomor :  029/BAN-PT/Akred/S1/I/2015. Dengan ijin operasional SK No. 2963/D/T/K-VII/2009

Ditunjang dengan kualitas dan kuantitas Dosen yang memadai, 97% berkualifikasi Master (S-2) dan dibantu tenaga pengajar berkualifikasi Doktor (S-3) yang tidak saja kompeten secara akademis tetapi berpengalaman secara profesional dalam praktek. Dengan fasilitas lengkap, Fakultas Psikologi Universitas Gajayana terus melakukan pengembangan dan inovasi dalam menjawab segala tantangan pasar kerja dan stakeholder.

Psikologi sebagai ilmu dan seni tentang perilaku dan proses mental hampir tidak memiliki batas dalam penerapannya. Lulusan dapat berkiprah di bidang profesi yang sangat luas,diantaranya : Human Resources Development Officer, Public Relation, Public Speaker, Human Resources Trainer, Behavior Analyst, Terapis dalam Intervensi Individual, Kelompok dan Sosial, Educational Counselor, Career Counselor, Teacher, Job and Person Analyst, Personal and Organizational Consultant, PNS,Guru Bidang Studi, Guru BK, HRD Manajer and officer, Supervisor Recruitment and Selection, Trainer dan Public Speaker adalah diantara profesi yang telah dijalani oleh 95% alumni Program Studi Psikologi. Lulusan Prodi Psikologi akan mendapatkan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi.), yang sebagian besar (95%) menjalani profesi sebagai PNS, Guru.