SK Ijin Operasional No : 143/KPT/I/2016

Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ikom) ada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya (FISB)  Universitas Gajayana Malang (Uniga Malang). Prodi  Ikom hadir dalam rangka  menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sesuai dengan Keputusan Menristek DIKTI Nomor 143/KPT/I/2016.

Jadilah Inovator Berikutnya

Ilmu Komunikasi pada era teknologi saat ini sangat bermanfaat bagi berbagai kepentingan. Beragamnya bakat dari para mahasiswa menuntut agar Ilmu Komunikasi mampu menjadi alat atau sekaligus “pisau” untuk menganalisis, mengelola dan meningkatkan komunikasi dalam setiap aspek interaksi pribadi, masyarakat, dan para profesional. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Gajayana (UNIGA) Malang memberikan ruang bagi para mahasiswa yang ingin belajar di lingkungan akademik yang nyaman, menantang, dan mutakhir (cutting-edge), untuk menjadi inovator di masa depan pragmatis dan kreatif.

Mencetak Komunikator Masa Depan

Ilmu komunikasi bisa dikatakan gabungan antara seni dan kemampuan berkomunikasi, yang mempelajari tata cara berkomunikasi dan penggunaan berbagai media komunikasi sebagai sarana komunikasi dalam masyarakat. Prodi Ikom Uniga saat ini mengembangkan konsentrasi: Broadcasting, dan Public Relations (Kehumasan), serta Komunikasi Politik (pengembangan berikutnya). Prospek kerja lulusan Ilmu Komunikasi Broadcaster / Tenaga di dunia penyiaran, Jurnalis, Announcer dan presenter, Master of Ceremony (MC), Public Relations Officer atau Hubungan Masyarakat, Event Organizer, Praktisi periklanan/ Advertising, Marketing Communications, Analis Politik dan Kebijakan di instansi pemerintah maupun swasta, bahkan menjadi Praktisi Politik, serta karir lain dibidang komunikasi.

MENGAPA BELAJAR ILMU KOMUNIKASI DI UNIGA?

Prodi Ikom Uniga dalam pelaksanaan pembelajaran didukung oleh para pengajar dengan kualifikasi akademis S2 dan S3 untuk melakukan transfer keilmuan serta analisis-analisis dalam medalami teori-teori komunikasi. Sedangkan untuk mempertajam penguasaan keilmuan dan pengalaman pembelajaran pada matakuliah tertentu Prodi Ikom melibatkan para Profesional dan Praktisi untuk menjadi bagian (sebagai pengajar) agar tercapai keberimbangan teori dan praktek.

Sistem pembelajaran Ikom menempatkan keberimbangan antara teori dan praktek komunikasi dalam desain kurikulum yang dikembangan Prodi. Kemampuan berbahasa terutama Bahasa Inggris, leadership, dan entrepreneurship juga menjadi prioritas dalam pengembangan kemampuan peserta didik agar tetap kompetitif di dunia kerja. Pembekalan soft skill kepada mahasiswa sebagai upaya untuk memberikan nilai tambah lulusan.

Pembelajaran menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar kualitas pembelajaran terukur dengan mengacu Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Pembelajaran mengadopsi metode Student Centred Learning (SCL) untuk meningkatkan partisipasi dan kemandirian mahasiswa, yang mengarah pada kompetensi dan capaian pembelajaran.

Prodi Ikom Uniga merupakan salah satu di Jawa Timur yang memilki TV lokal yakni Gajayana TV. Keberadaan fasilitas ini merupakan sumber daya yang sangat strategis bagi pengembangan kemampuan mahasiswa terutama di bidang broadcasting. Selaian fasilitas Gajayana TV, dalam proses pembelajaran didukung oleh laboratorium radio, laboratorium Komputer dan Multimedia serta beberapa fasilitas penunjang lain yang memberikan kemudahan pemenuhan capaian pembelajaran.