Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris (Terakreditasi BAN-PT dengan peringkat “B” berdasarkan SK No. 2752/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016

Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, yang berdiri pada tahun 1987, memberikan kesempatan kepada lulusan SMU dan yang sederajat untuk meraih gelar sarjana di bidang bahasa dan sastra Inggris.

Di samping dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulis serta pengetahuankebahasaan dan kesusastraan, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan berbahasa Inggris yang dibutuhkan dalam dunia kerja, antara lain: Bahasa Inggris Niaga (Business English) Kesekretariatan Praktis (Practical Secretary), Bahasa inggris untuk Perhotelan dan Kepariwisataan (English for Hotels and Tourism), Bahasa lnggris Perbankan (English for Banking), Penterjemahan (Translation), dan bahasa asingseperti Bahasa Jepang dan Bahasa Perancis. Aplikasi Komputer danMetodologi Pengajaran Bahasa(Language Teaching Methodology ).

Tenaga pengajar terdiri dari dosen bergelar Master (S2) dan Doktor (S3) lulusan  universitas ternamadari luar negeri dan dalam negeri. Lulusan Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris telah bekerja di berbagai bidang baik di instansi pemerintah dan swasta. Diantara mereka ada yang bekerja sebagai guru PNS, pegawai Pemda dan Dosen PTN, kedutaan besar dan lembaga pemerintah lain. Sedangkan perusahaan swasta yangtelah merekrut mereka misalnya: bank, hotel, pariwisata, perguruan tinggi swasta,kursus bahasa Inggris, perusahaan eksport dan import, penerjemah dan editor di penerbitan buku dan koran, stasiun TV, Production House penghasil sinetron tv,  pertambangan dan LSM yang bekerja sama dengan pihak luar negeri.